image
image

Jika Kamu Ingin Sembuh dari Pernyakitmu, Lakukanlah 3 Hal Berikut ini


Posted : | 2016/08/18

https://lh5.googleusercontent.com/-5r9PX5HRdbw/U75S2HKqJqI/AAAAAAAA_S4/q0jk2RT_2O8/w506-h750/sembuh%2Bdengan%2Bsedekah.jpg
Siti Dewi Yanti
Penyakit/sakit itu datang dari Allah, melalui banyaknya perantara yang tidak terduga-duga. (Saya lebih suka menggunakan bahasa sakit). Sakit sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu sakit dhohir dan sakit batin.


Sakit dhohir adalah sakit yang terlihat, entah terlihat secara kasat mata atau yang terlihat jika menggunakan alat. Atau bisa disebut juga dengan sakit luar.


Sakit batin adalah sakit yang tidak terlihat, tidak terdeteksi oleh alat pendeteksi, tapi terasa sakit. Atau bisa disebut dengan sakit batin.


Walaupun keduanya ada berbeda, tapi keduanya sama-sama sakit yang harus segera diobati.


3 hal yang harus dilakukan oleh orang sakit agar cepat sembuh.


Jika kamu benar-benar ingin cepat sembuh, paling tidak kamu harus melakukan 3 hal berikut ini.


1. Berobat ke dokter


2. Berobat menggunakan Alquran


3. Pasrah


Berobat ke dokter


Ketika kamu merasa sakit, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke dokter. Jangan lupa sebutkan semua keluhanmu agar dokter tahu penyakitmu. Karena tanpa tahu gejala pasien, dokter tidak tahu apa yang kamu derita bahkan akan salah dalam penangannya yang menyebabkan kerugian pada dirimu sendiri, dan bisa jadi kamu tambah sakit parah.


Biasanya dalam pendeteksian penyakit, dokter menggunakan bantuan alat. Jika alat yang digunakan mendeteksi penyakit yang kamu derita, maka dokter akan melakukan vonis berupa jenis penyakit yang kamu derita dan memberikan resep obat yang tepat.


Ingat beda pasien bisa jadi beda obat. Jadi jangan khawatir jika obat yang disarankan oleh dokter berbeda dengan obat yang disarankan oleh teman/saudara dll yang juga menderita penyakit yang sama. Karena bisa jadi dosisnya berbeda. Dan jika dipaksakan menggunakan obat yang belum dianjurkan oleh dokter, akan memperparah keadaan.


Semua itu dilakukan oleh dokter jika dia mendeteksi penyakit yang kamu derita, bisa dikategorikan kedalam penyakit luar/dhohir.


Tapi jika dokter tidak menemukan jenis penyakit yang kamu derita atau alat pendeteksi tidak menemukan tanda-tanda adanya penyakit, berhati-hatilah. Bisa jadi kamu menderita penyakit batin/dalam.


Yang perlu kamu lakukan adalah periksa kedokter 3 kali. Jika setelah 3 kali periksa, tapi tidak merasakan adanya tanda-tanda perubahan atau belum merasa lebih enakan, lakukanlah cara yang kedua yaitu berobat menggunakan Alquran.


Berobat menggunakan Alquran


Ketika dokter sudah tidak mampu menanganinya, maka kamu berobatlah menggunakan Alquran. Berobat menggunakan Alquran sangat dianjurkan seperti yang sudah kita ketahui bahwa obat hati ada 5 diantaranya adalah membaca Alquran beserta maknanya. Disebutkan pula dalam Alquran sendiri dalam surat Al-isra' ayat 82. Mengutip dari situs UMY Blog Staff berikut penjelasannya.


Al-Quran diwahyukan oleh Allah, antara lain sebagai obat (penawar) dan rahmat
(karunia) bagi orang- orang yang beriman.


Dan, meskipun al-Quran bisa juga dibaca oleh orang-orang tidak beriman, fungsinya sebagai obat (penawar) dan rahmat tidak akan dirasakan oleh mereka. Bukan karena kesalahan Alqurannya, tetapi karena mereka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan obat (penawar) dan rahmat dari Allah melalui (media/sarana) Alquran itu.


Oleh karena itu, para ulama menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan pengobatan dan rahmat Allah melalu media/sarana Alquran, setiap orang harus memenuhi persyaratan utamanya, yaitu: “iman”. Tanpa persyaratan utama itu, maka fungsi Alquran sebagai obat (penawar) dan rahmat dari Allah tidak akan pernah diperoleh oleh siapa pun, di mana pun dan kapanpun.


Dari penjelasan inilah, (kemudian) para ulama menjelaskan bahwa faktor utama yang akan mengakibatkan seseorang akan memperoleh kesembuhan dari setiap penyakit dan rahmat dari Allah adalah: “iman”. Semakin kokoh iman seseorang maka dengan media/ sarana Alquran, seseorang akan lebih bisa berharap untuk mendapatkan kesembuhan dari setiap penyakit dan rahmat dari Allah.


Dan sebaliknya, dengan (modal) keimanan yang lemah, seseorang akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan kesembuhan dari semua penyakit yang menimpanya dan (juga) harapan untuk memperoleh rahmat dari Allah, karena lemahnya modal yang dimiliki. Apalagi ketika seseorang itu sama sekali tidak memiliki “iman”, maka harapan untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang diderita dan perolehan rahmat dari Allah dapat diprediksi sama sekali tidak akan pernah diperoleh.


Maka dari itu, agar kita bisa memperoleh kesembuhan dari semua penyakit yang tengah kita alami melalui pengobatan yang kita lakukan dengan media/ sarana Alquran dan juga harapan kita untuk menggapai rahmat dari Allah, kita (mulai saat ini) tidak boleh tidak, “harus” memerkokoh keimanan kita, sebagai prasyarat utama untuk menggapai kesembuhan (obat) dan rahmat dari Allah melalui proses pembacaan, pemahaman penghayatan dan pengamalan kitab suci Alquran. Baca selengkapnya


Pasrah


Setelah semua usaha sudah dilakukam semua, baik berobat ke dokter maupun berobat dengan menggunakan Alquran. Maka yang perlu kita lakukan adalah berdoa dan pasrah kepada Allah SWT. Pasrahkan semuanya kepada Allah SWT, karena Dialah yang Maha Kuasa atas semua yang berkuasa.


Dengan 3 cara tersebut berarti kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Semoga dengan 3 cara tersebut Allah SWT meridhoi kita aamiinn..
CB